Berilah tanda silang a,b,c, d maupun e jawaban yang kamu anggap benar !
1. Pembabakan sejarah menjadi masa
Hindu-Budha, masa Islam, dan masa kolonial Barat merupakan contoh ….
A. kronik
B. sistematis
C. historiografi
D. periodisasi
E. kronologi
2. Catatan kejadian-kejadian secara
singkat dari waktu ke waktu secara berurutan disebut ….
A. kronologi
B. sistematika
C. periodisasi
D. kronik
E. alur
3. Dalam sejarah yang
dapat terjadi berulang kali adalah....
A.
peristiwa
B. pola
C.
waktu
D.
tempat
E.
pelaku
4. Dalam bahasa arab,
istilah sejarah berasal dari kata....
A. geshiechte
B. geschiedenis
C. syajarotun
D. historia
E. history
5. Hubungan sebab
akibat dalam sejarah disebut....
A.
periodisasi
B.
kausalitas
C.
kronologi
D.
interpretasi
E.
diakronik
6. Salah satu
berpikir sejarah yang memiliki pengertian perjalanan sepanjang waktu adalah....
A.
diakronik
B.
sikronik
C.
kausalitas
D.
periodisasi
E.
interpretasi
7. Sumber yang
berasal dari orang kedua disebut sumber....
A.
primer
B.
sekunder
C.
tersier
D.
pokok
E.
utama
8. Berikut ini yang
bukan termasuk sumber benda, yaitu....
A.
candi
B.
masjid
C.
rekaman
D.
makam
E.
patung
9. Menurut Teori Yunan, asal usul bangsa Indonesia
berasal dari Yunan,Yunan terletak di wilayah
A. Vietnam
B. Myanmar
C. Tiongkok
D. Formosa
E. Mongolia
10. Proses perpidahan manusia dari
Yunan ke kepulauan nusantara pada tahap kedua adalah...
A. PerpindahanOrang Negrito
B. proto melayu
C. suku Melayu
D. deutro Melayu
E. Perpindahan Orang Austronesia
11. Salah satu hasil kebudayaan
Neolitikum adalah?
A. kapak lonjong
B. kapak corong
C. kapak genggam
D. kapak penetak
E. kapak sepatu
12. Fosil
temuan pertama yang menjadi pangkal penyelidikan zaman praaksara di Indonesia
adalah….
A. meganthropus paleojavanicus
B.
sinanthropus pekinensis
C. homo sapiens
D. pithecanthropus erectus
E. pithecanthropus mojokertensis
13. Dalam kehidupan pra
aksara dikenal istilah Nomaden artinya….
A. hidup berburu dan meramu
B. menangkap hewan-hewan yang ada di
sekitarnya
C.
hidup berpindah-pindah
D. hidup menetap di satu tempat
E. hidup berkelompok
14. Teori yang
menyatakan bahwa kebudayaan Hindu-Budha datang ke Indonesia dibawa oleh
pedagang yaitu ...
A.
waisya
B.
ksatria
C.
brahmana
D.
arus balik
E.
sudra
15. Teori Arus Balik menyatakan bahwa ...
A. budaya
Hindu Budha di bawah oleh kaum Brahmana
B. baum
ksatria membawa budaya hindu Budha sampai ke Indonesia
C. budaya
Hindu Budha dibawa oleh orang Indonesia sendiri yang belajar di India
D.
Budaya Hindu Budha dibawa oleh pedagang yang melakukan perdagangan antara Indonesia dengan India.
E. budaya
Hindu Buddha dibawa orang Eropa
16. Kebudayaan Hindu Budha berasal dari negara ...
A. malaysia
B. iran
C. india
D. maroko
E. rusia
17. Contoh perubahan pada pemerintahan setelah datangnya
kebudayaan Hindu Budha adalah
A. adanya
perubahan pemimpin dari kepala suku menjadi raja
B. raja
dipilih secara langsung oleh rakyat
C. pergantian
raja berlangsung lima tahun sekali pada setiap periode
D. rakyat
bebas memilih siapa saja saja yang pantas memimpin kerajaan
E. kepala
suku dilakukan bergantian
18. Masuknya agama Hindu di
Indonesia telah membawa banyak pengaruh diantaranya pada susunan masyarakat Indonesia. Salah satunya
berkaitan dengan kemasyarakatan. Pengaruh tersebut adalah....
A. masyarakat dibedakan berdasarkan
kasta
B. mulai dikenalnya sistem gotong royong
C.
masyarakat dibedakan berdasarkan profesi
D.
masyarakat dipimpin oleh sunan
E. sistem pemerintahan menjadi ketat
19. Kerajaan Hindu-Budha pertama di Indonesia yaitu ...
A. tarumanegara
B. mataram Kuno
C. singasari
D. kutai
E. bali
20. Secara etimologis
kata diakronik diambil dari bahasa.....
A.
Inggris
B.
Belanda
C.
Yunani
D.
Jerman
E.
Romawi
21. Teknik mengolah
sumber-sumber sejarah kemudian menafsirkannya dinamakan...
A.
diakronik
B.
sinkronik
C.
analisis
D.
interpretasi
E.
kausalitas
22. Bukti bahwa kerajaan Kutai merupakan kerajaan yang
makmur pada saat itu adalah ...
A. raja Mulawarman memberikan 20.000 sapi
sebagai sedekah untuk para Brahmana
B. kerajaan
Kutai membangun sebuah sekolah untuk mempelajari kebudayaan yang sangat luas
C. raja membuat saluran air untuk
mengalirkan air ke sawah-sawah warga
D. raja
membuat pelabuhan yang sangat besar sebagai tempat bongkar muat perdagangan
internasional
E. raja selalu membuat prasasti
23. Seorang pendeta Budha
yang terkenal dari kerajaan Sriwijaya adalah...
A. sakyakirti
B. dharmawangsa
C. dharmasetu
D. balaputra Dewa
E. jayabaya
24. Peristiwa yang
menyebabkan retaknya hubungan antara majapahit dan pajajaran adalah...
A. perang paregreg
B. pemberontakan nambi
C pemberontakan ranggawale
D. perang bubat
E. datangnya utusan dari Cina
25. Kebudayaan
Hindu-Budha dapat masuk ke Indonesia dikarenakan adanya perkawinan antara pedagang dengan wanita di Indonesia.
Hal tersebut dikemukakan sebagai salah satu teori masuknya agama Hindu di
Indonesia, teori yang dimaksud tersebut adalah...
A. teori sudra
B. teori waisya
C. teori brahmana
D. teori arus balik
E. teori ksatria
26. Kerajaan Islam Tertua di
Indonesia adalah...
A. kerajaan Aceh
B. kerajaan Demak
C. kerajaan Pajang
D. kerajaan Mataram Islam
E. kerajaan Samudera Pasai
27. Di
bawah ini yang bukan merupakan
bukti-bukti awal masuknya Islam di Indonesia, adalah....
A. berita dari pedagang Afrika
B. berita dari Mah Huan, musafir Cina
C. adanya makam Sultan Malik Al Saleh
D. berita dari Ibnu Batuta
E. makam Fatimah binti Maimun
28. Bangunan masjid, keraton, dan kuburan di Indonesia umumnya
memperlihatkan hasil perwujudan akulturasi dengan kebudayaan asli Indonesia
pada zaman megalitikum, yaitu...
A. kubur peti batu
B. menhir
C. pundak berundak
D. dolmen
E. sarkofagus
29. Salah satu pelajaran penting dari jatuhnya
Konstantinopel yaitu diperolehnya rute baru dalam mendapatkakan rempah-rempah
setelah adanya :
A. lebih baik menguasai daerah lain dari pada
dikuasai
B. nafsu untuk mencapai keinginan tertentu
membuat orang rela menghalalkan segala cara
C. situasi terdesak menjadikan orang menjadi
lebih kreatif dan inovatif
D. bagi bangsa barat, rempah-rempah merupakan
komoditas yang lebih penting daripada perang
E. perang bukanlah jalan untuk memperoleh
perdamaian
30. Salah satu kejadian penting yang menentukan dalam
sejarah kolonialisme dan imperialisme yaitu
penemuan Tanjung Harapan yang terletak di Afrika Selatan ditemukan oleh pelaut
Portugis yang bernama…
A. Sebastian del Cano
B. Dom Henry
C. Vasco da Gama
D. Bartolomeus Dias
E. Cabral
31. Bangsa barat yang pertama kali datang di Nusantara
dan kemudian memonopoli perdagangan rempah-rempah di Maluku yaitu ….
A. perancis
B. belanda
C. inggris
D. spanyol
E. portugis
32. Meskipun telah memberikan keuntungan bagi pemerintah
Belanda, VOC pada akhirnya bangkrut lalu
dibubarkan oleh pemerintahan, penyebab kebangkrutan VOC yaitu…
a. banyak uang yang digunakan untuk membangun
benteng-benteng pertahanan
b. organisasi tidak mempunyai struktur yang
jelas
c. banyak pegawainya yang menjalankan korupsi
d. banyak pegawai yang menerapkan kebijakan
sendiri-sendiri
e. permintaan rempah-rempah di negara Eropa
menurun karena perang
33. Strategi Belanda yang paling berhasil dalam
menghadapi perlawanan dari penguasa lokal bangsa Indonesia yaitu dengan
melakukan politik…
A. balas budi
B. pecah belah
C. gerilaya
D. aliensi
E. etis
34. Salah satu
perang besar yang pernah terjadi antara rakyat Indonesia dengan Belanda yaitu perang DIponegoro. Adapun sebab khusus
terjadinya perang ini yaitu…
A. patok-patok jalan ditaruh di atas makam para
leluhur P. Diponegoro
B. makam para leluhur P. Diponegoro dipindahkan
tanpa seizin P. Diponegoro
C. jalan yang dibangun pemerintah Belanda
melewati kediaman P. Diponegoro
D. tempat tinggal P. Diponegoro dihancurkan
untuk pembangunan jalan
E. patok-patok
jalan didirikan tanpa seizin P. Diponegoro
35. Faktor utama lahirnya Imperialisme dan kolonialisme
Barat yaitu Gold, Gosple, dan Glory. Glory artinya …
A. menguasai
B. emas
C. kejayaan sebagai Bangsa
D. menyebarkan agama
E. kaya
36. Perlawanan raja-raja Bali terhadap Belanda dikenal
dengan sebutan Perang Puputan yang maknanya…
A. perlawanan sampai tujuan tercapai
B. perang satu lawan satu
C. perang yang hanya menggunakan senjata
tradisional
D. perang yang melibatkan semua laki-laki dewasa
Bali
E. perang sampai titik darah penghabisan
37. Organisasi
Pergerakan Nasional yang lahir pada tanggal 20 Mei 1908 yaitu …
A.
Indische Partij
B.
Budi Utomo
C.
Perhimpunan Indonesia
D.
Serekat Islam
E.
PNI
38. Pemimpin
Indische Partij yang dikenal dengan sebutan tiga serangkai adalah ....
A.
K.H. Samanhudi, Abdul Muis, dan HOS Tjokroaminoto
B.
Semaun, Mr. Sartono, dan Darsono
C.
Ir. Soekarno, Moh. Hatta, dan Suwardi Suryaningrat
D.
Ki Hajar Dewantara, Douwes Dekker, dan dr. Tjipto Mangunkusumo
E. A.Subardjo, Soekarno dan Hatta
39. Salah
satu keputusan penting Kongres Pemuda II adalah… .
A.
melebur organisasi pergerakan nasional
B.
menuntut kemerdekaan melalui volksraad
C.
merumuskan perjuangan non-kooperasi
D.
mengucapkan ikrar Sumpah Pemuda
E.memajukan
kerjasama antar Negara
40. Kedatangan Spanyol di Maluku memunculkan konflik
dengan Portugis. Portugis menuduh Spanyol
melanggar perjanjian Tordesillas. Konflik tersebut pun dapat diatasi dengan
diadakannya perjanjian Saragosa, yang isinya antara lain...
A. daerah monopoli bangsa Portugis di Maluku
dapat diatasi
B. spanyol berdagang di Maluku Selatan,
sedangkan Portugis berdagang di wilayah Maluku Utara
C. spanyol meninggalkan pulau Maluku
D. keduanya menciptakan serikat dagang bersama serta
menerapkan sistem bagi hasil
E. spanyol hanya diperbolehkan menyebarkan agama
41. Pemerintah Belanda memberikan hak-hak istimewa kepada VOC
agar berfungsi layaknya sebuah negara.
Hak istimewa tersebut dinamakan juga hak…
A. konsultasi
B. oktroi
C. ekstirpasi
D. privilise
E. sewa tanah
42. Pola bangunan menjadi tradisional menampakkan adanya toleransi dan
perpaduan antara unsur-unsur asli budaya lokal Indonesia, Hindu Budha dan Islam
yaitu...
A. atap masjid berwujud kubah
B. beratap susun tiga atau lima
C. berbentuk rumah panggung
D. selalu ada bangunan menara yang
menjulang tinggi
E. serambi masjid bertingkat
43. Pemerintah pendudukan Jepang secara resmi berkuasa di
Indonesia menggantikan kedudukan Belanda sesuai keputusan ....
A. Perjanjian Linggarjati
B. Traktat London
C. Konferensi Malino
D. Perundingan Kalijati
E. Perundingan Dalat
44. Dalam rangka menarik simpati petani Indonesia maka
Jepang mendirikan koperasi pertanian yaitu
...
A. Gunsheirikan
B. Tonarigumi
C. Otsuka Butai
D. Seiko Shikikan
E. Kumiai
45. Kepercayaan Jepang untuk menyembah dewa Matahari
dengan cara membungkukan badan adalah ….
A. Harakiri
B. Hakko seisen
C. Bushido
D. Seikeirei
E. Jibakutai
46. Tujuan pemerintahan pendudukan Jepang membutuhkan
tenaga kerja romusha dalam jumlah besar adalah ....
A.
membantu tentara dalam peperangan di wilayah Pasifik
melawan tentara sekutu
B. memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja di perkebunan sekitar Jawa dan
Sumatera
C.
membangun pengkalan-pangkalan militer guna menghadapi serangan tentara sekutu
D.
membangun fasilitas-fasilitas umum guna mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
E. memenuhi kebutuhan perang Jepanga dalam waktu singkat dan cepat
47. Masuknya Jepang ke
negara- negara di Asia diawali oleh serangan Jepang terhadap sekutu yaitu ...
A. penyerangan pangkalan militer AS di Pearl
Harbour
B. penyerangan kapal induk Amerika
C.
penyerangan ke kawasan jajahan negara- negara sekutu
D.
penyerangan ke negara- negara sekutu
E.
penyerangan pangkalan militer Amerika di Eropa
48. Tokoh yang mengusulkan agar naskah proklamasi
ditanta-tangani Ir. Soekarno dan Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia adalah
....
A. Soekarni
B. Soeharto
C. Ahmad Soebardjo
D. Wikana
E. Soetrisno
49. Dampak
positif masa pendudukan Jepang dalam bidang pendidikan adalah ... .
A.
sistem pendidikan di Indonesia meniru model pendidikan barat
B.
penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di sekolah
C. melahirkan
golongan terpelajar yang mempelopori pergerakan nasional di Indonesia
D.
diajarkannya tulisan kanji dan Hiragana
E.
munculnya tokoh-tokoh di bidang pendidikan seperti Ki Hajar Dewantara
50. Konsep kronologi sangat diperlukan dalam mempelajari ilmu sejarah.
Konsep ini bertujuan untuk....
A. menyeleksi berbagai peristiwa
B. mengklasifikasi berbagai peristiwa
C. mengurutkan peristiwa berdasarkan waktu
D. mengungkapkan berbagai peristiwa
E. membuat pedoman peristiwa penting