anda pengunjung ke

Saturday, January 19, 2013

NUPTK ONLINE

Cara Melihat NUPTK Online

NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) Pada tahun 2012 ini akan diperbarui oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMP dan PMP) sekaligus merupakan registrasi ulang Sekolah dan PTK.

Apakah data NUPTK Anda sudah lengkap?

Cara melihat  NUPTK online saat ini telah tersedia dan pencarian NUPTK sangat mudah karena semua File dan Nomor NUPTK sudah ter-database secara online. Tampilan data berupa data PTK satu sekolah. Perlu diketahui, data yang ditampilkan mungkin belum sepenuhnya valid. Mei 2012 akan dilakukan registrasi ulang secara nasional.

Petunjuk  untuk melihat data NUPTK online, mudah-mudahan dapat bermanfaat. Ada beberapa langkah, antara lain:
1. Kunjungi alamat situs Kemdikbud yang ada di http://nuptk.kemdikbud.go.id/ untuk melihat data yang ada. Untuk mengupdate data harus login oleh petugas yang ditunjuk sekolah atau diknas setempat. Namun situs ini kadang sulit diakses.
NUPTK Online kemdikbud
2. Kunjungi Situs nuptk.tk.yang ada di http://nuptk.tk
  • Apa yang akan Anda dapatkan dari situs ini?
  • Layanan permintaan NUPTK per sekolah atau instansi dalam format file excel .csv
  • Layanan pelacakan NUPTK per individu
  • Download arsip NUPTK per kabupaten dalam format excel .xls
  • Download software yang berkaitan dengan NUPTK
nuptk online
3. Fasilitas SMS NUPTK GET A WAY
Caranya kirim sms ke no: 081218582888
Format Pengiriman:  Nuptk#nama lengkap#tempat lahir#tanggal lahir. Contoh: Nuptk#awalia#semarang#19-11-1977
4. Menggunakan NUPTK Browser
Web browser khusus yang dibuat untuk mengakses database NUPTK secara online yang berisi data PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) Indonesia. Proses update data hanya berlaku bagi user yang telah mendapatkan ijin. Untuk mengetahui apakah server sedang online atau offline, bisa dicek melalui kotak bawah sebelah kiri dengan tulisan “Anda pemakai ke”. Jika angka menunjukkan angka nol, maka server sedang offline. Selain itu, server bisa diakses oleh pengguna.
Kekurangan :
  • Data tidak dapat di-copy paste
  • Data kecamatan belum tertata rapi
Caranya:
Download aplikasi NUPTKWebBrowser  
Setelah Selesai Download, Klik Filenya Untuk Instalasi, tunggu sampai selesai peng-Install-an NUPTK Web Browser, jalankan aplikasi tersebut di komputer anda. Manfaatkan fasilitas search engine berdasarkan nama, sekolah, tempat lahir dan lain-lain. Untuk pencarian berdasarkan Sekolah/Madrasah, pilih sekolah yang dimaksud kemudian klik tombol Cari. Tekan tombol Detail untuk melihat daftar PTK yang ada di sekolah tersebut. Cari nuptk berdasarkan, Provinsi, Kabupaten/Kota, Sekolah, Nama, Tanggal Lahir, Tempat Lahir, dan lain-lain.
browser nuptk
Demikian informasi tentang cara melihat NUPTK online semoga bermanfaat.

No comments: