anda pengunjung ke

Saturday, January 19, 2013

Entri Data Siswa


Seiring perjalanan waktu, sistem pedataan siswa di sekolah sekolah mulai dilaksanakan secara OnLine, baik mulai dari tingkat SD/MI/SDSB, SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB maupun SMK.

Profesionalisme Operator dari tiap sekolah sangat diharapkan, karena sistem data ini langsung bisa di akses oleh pusat Dinas Kependidikan Propinsi.

Bagaimana cara melakukan pendataan siswa / anak didik secara OnLine, meskipun banyak diantara Operator lain telah mengetahui, tapi tidak ada salahnya Panduan ini dipublikasikan sebagai catatan pribadi atau mungkin akan bisa membantu bagi Operator sekolah lain yang belum memahami.

Panduan bergambar dibawah diharapkan mampu dipahami dengan mudah, dan bisa membantu bagi operator sekolah yang membutuhkannya.
(langkah demi langkah ditunjukkan dengan teks warna biru)
  • Silahkan kunjungi alamat URL Data Pendidikan Propinsi disini : http://data.pdkjateng.go.id/
  • Terbuka halaman Bio Sistem Online, Pendataan Pendidikan Provinsi Jawa Tengah. Silahkan anda pilih Kategori Sekolah dengan meng-kLIK pada kategori tersebut. 
 untuk kategori SD/SMP/SMK, silahkan anda pilih salah satu ( SD atau SMP atau SMK )

  • Halaman Login



   Pastikan pada menu Sekolah
  1. Username  :  Diisi dengan username sekolah anda (untuk username biasanya telah ditentukan)
  2. Password   :  Kata sandi / kata rahasia, isilah password yang mudah anda ingat, karena password ini sangat menentukan untuk masuk di kemudian hari.
  3. Security Code : Adalah kata rahasia yang ditunjukkan didalam kotak, silahkan anda ketik Security Code yang muncul, apabila salah memasukkan akan diulang.
  4. Login         : Setelah semua persyaratan diatas terisi dengan benar klik Login untuk masuk pada Lembar Kerja pengisian data.
  • Lembar Kerja Pendataan
Keterangan Masing-masing Kategori

No. 1 : Berisi data sekolah, (secara otomatis telah terisi apbila username yang dipakai adalah resmi)
No. 2 : Pilihan Kategori dari Entri Guru Mapel UN, Data Siswa, Update Profil (profil Sekolah), Update Password, dan pilihan Keluar / Logout jika telah selesai dalam lembar kerja ini.

Bersambung ....

No comments: